Sistem Lelang Dalam Islam

Sistem Lelang Dalam Islam

Ummu Afra

Pertanyaan:

Assalamu’alaykum Wr. Wb. Sekarang ini ada alternatif belanja di internet yang relatif lebih murah dan sekaligus memudahkan, tetapi sebelumnya harus memenangkan lelang untuk bisa membelinya, bolehkah sistem jual-beli seperti ini, karena sebelumnya sudah ada orang lain yang juga sedang menawar barang tersebut. Mengenai mutu barang biasanya penjual menjelaskan dengan detail (ada aturan sistem penjualannya) sekaligus ada fotonya, jadi bukan seperti membeli barang yang tidak jelas. Mohon penjelasannya..JazaakumuLlah khairan Wassalamu’alaykum Wr. Wb.

Jawaban:

Assalamu`alaikum Wr. Wb. Lelang adalah sebuah transaksi legal dan syah dalam hukum Islam. Lelang dikenal juga dengan istilah Muzayadah. Rasulullah SAW sendiri melakukan lelang kepada para shahabatnya. Dan praktek lelang telah berlangsung berabad-abad dalam perjalanan umat Islam. Yang dimaksud dengan tidak boleh membeli barang yang sedang ditawar orang lain bukanlah lelang. Karena keduanya sangat berbeda. Dalam contoh kasus yang dilarang untuk membeli barang yang sedang ditawar orang lain adalah seperti demikian:

Si A sedang menawar barang dari B tapi harganya belum disepakati. Lalu tiba-tiba muncullah C yang tidak ikut sejak awal penawaran itu dan langsung membeli barang yang sedang ditawarkan kepada A. Dan dalam hal ini tanpa meminta izin lagi kepada A yang tentu saja membuat A sakit hati. Praktek ini jelas dilarang. Tapi bila dalam tawar menawar itu si C juga ikut serta dalam menawar sejak awal bersama dengan A, lalu B mengatakan akan menjual barang itu kepada siapa saja yang memberi harga tertinggi, maka hal itu boleh dilakukan. Dan itulah yang disebut lelang.

Sedangkan masalah lelang itu adanya di dalam sebuah situs internet, tidak menjadi halangan asal spesifikasi barangnya jelas agar tidak terjadi unsur penipuan yang merugikan konsumen.

Wallahu A`lam Bish-Showab, Wassalamu `Alaikum Wr. Wb.

Sumber: http://www.syariahonline.com/v2/ekonomi-islam-a-muamalat/2343-sistem-lelang-dalam-islam.html

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s